Cara Menghitung RAB Bangunan Bag. 2

11886 views

Admin balik naih dengan materi selanjutnya yang ingin admin bagikan ke kalian, tentang menghitung RAB untuk menjalankan suatu proyek pembangunan rumah dengan menggunakan jasa kontraktor rumah yang ada di sekeliling lingkungan kalian. Bisa mencarinya dengan bertanya-tanya kepada tetangga, kerabat, teman, atau keluarga tentang kontraktor atau pemborong rumah terpercaya dan bisa dihandalkan untuk proyek kalian.

Mungkin kalian sudah membaca arikel admin sebelum ini tentang Cara Menghitung RAB Bangunan. Di artikel itu sudah dibahas cara menghitung RAB secara singkat atau dengan menggunakan metode sederhana disebut dengan Metode luas (m2) bangunan. Di sana dibahas tentang cara penghitungan luas dikali dengan harga satuannya. Misalnya kalian ingin membangun rumah dengan menggunakan jasa kontraktor, luas tanah sekitar 6 m2 x 10 m2 dengan harga satuannya Rp 3.500.000. Tinggal dikali dari luas tanah keseluruhan dengan harga = 60 m2 x 3.500.000 = Rp 210.000.000.

Disini akan dibahas penghitungan RAB dengan metode berbeda. Yaitu Metode Analisa Harga Satuan. Dalam metode ini kalian tidak hanya menghitung luas saja tapi menghitung keseluruhannya hingga rinci atau detail, seperti harga barang material bangunan, pasir, semen, perekat, cat, dan sebagainya yang berhubungan dengan proyek pembangunan rumah yang kalian inginkan.

Perhitungan dengan metode Analisa Harga Satuan

kontraktor rumahMetode ini sangat rinci sekali, jadi admin harap kalian semua bisa membacanya dengan teliti dan sabar, karena akan sangat banyak angka juga pertimbangan harga yang harus kalian perhatikan.

-Membuat sketsa tentang arsitektural rumah atau bangunan yang akan dibangun oleh penyedia jasa kontraktor.
-Membuat rincian dana, bila bingung kalian boleh meminta solusi para kontraktor rumah, karena selain pintar dalam pengerjaan proyek mereka juga pintar dalam harga-harga material bangunan.
-Membuat rincian daftar yang akan dikerjakan.
-Menghitung volume masing-masing setiap pekerjaan yang nanti dikerjakan oleh kontraktor rumah.
-Mencari informasi daftar pembayaran jasa kontraktor dan harga barang material terbaru. Jangan sampai tahun 2016 memakai harga tahun 2010.
-Menghitung analisa keseluruhan tentang proyek bangunan.
-Terakhir, kalikan semua pengerjaan yang dilakukan kontraktor rumah dengan PPN 10%, hal ini untuk keuntungan mereka dan kalian juga yang sudah bisa menikmati kualitas dari proyek kalian.

Misalnya kalian ingin menjalankan proyek pembangunan rumah dengan menggunakan jasa kontraktor, apalagi kalian sudah mengetahui harga luas tanah, itu lebih baik. Kalian tinggal membuat sketsa, daftar rincian material yang akan digunakan, lalu membuat rincian item apa saja yang akan digunakan.

Untuk Harga satuan di kawasan DKI Jakarta

-Bouwplank (pembatas)= Rp 42.322
-Bongkar Bouwplank= Rp 5.000
-Galian Tanah Pondasi= Rp 38.522
-Urugan Pasir= Rp 200.000
-Lantai Kerja t= 5cm beton 1pc:3ps:4kr = Rp 75.224
-Beton Koral untuk plat jalur kolom, kolom, sloff 15/20= Rp 768.000
-Pasangan Batu Bata 1pc:4ps = Rp 171.644
-Plesteran 1pc:4ps = Rp 42.000
-Urugan Tanah Kembali= Rp 24.168
-Pembesian Polos Berat 175kg= Rp 2.300.789
-Bekisting Beton= Rp 892.456

Ini untuk awal pembuatannya. Jadi kalian semua harus menghitung secara rinci bagaimana rumah kalian akan dibuat, seberapa luas dan seberapa besar jumlah barang dan item yang akan digunakan sewaktu akan membuat proyek pengerjaan rumah dengan menggunakan jasa kontraktor rumah. Salah satu jasa kontraktor rumah yang sudah terpercaya dan terjamin bisa kalian lihat di web satu ini http://advicon-indonesia.com

Tags: #Advicon Indonesia #Advicon Kontraktor #Jasa Kontraktor Rumah #Kontraktor Advicon #Kontraktor Rumah #Rumah Advicon

Leave a reply "Cara Menghitung RAB Bangunan Bag. 2"

Author: