Menyingkap “Cerminan Surga” Dengan Melihatnya di Danau Labuan Cermin

Tidak hanya “Surga di Atas & Surga di Bawah” Kepulauan Derawan, Kalimantan Timur nyatanya masih sedang menyembunyikan surga yang lainnya, yakni “Surga Dua Rasa”. Nah lho, apa itu, aneh banget? “Surga Dua Rasa” itu merupakan Danau Labuan Cermin, suatu danau “ajaib” yang airnya memiliki dua rasa: atas tawar dan bawah asin. Bukan itu aja, rahasia keelokan Danau Labuan Cermin pun terletak di airnya yang biru dan benar-benar jernih sebagaimana kaca.

Danau Labuan Cermin berada di Desa Labuan Kelambu, Kec. Biduk Kalimantan Timur, yang dapat ditempuh dengan transportasi roda 2-4 sekitar 6-7 jam dari Tanjung Redeb. Menurut pantauan kami, guna mencapai Berau ada sebagian cara misalnya yang kerap dilakukan tuk sampai Kepulauan Derawan. Emang biasanya traveler yang berkunjung ke Danau Labuan Cermin bakal lebih dulu berkunjung ke surga bawah laut yang ada di Kepulauan Derawan. Meskipun trip dari Tanjung Redeb lumayan panjang, dijamin kamu takkan bosan. Sebabnya, di sepanjang jalur itu kamu bakal disuguhi panorama alam yang benar-benar indah.

Untuk tiba di Labuan Cermin, kamu musti naik perahu sampan ke hulu dari dermaga kayu. Perjalannya 10-15 menit dari dermaga kayu itu. Perjalanan dengan sampan seru, sebab menembus semak bakau serta hutan. Hutan tersebut masih dihuni aneka satwa liar semisal monyet, bekantan, berang-berang juga ada beruang madu.

Saat tiba di Danau Labuan Cermin, biru kehijauan dari air di sekeliling dermaga kayu yang bening seolah tidak ada sesuatu. Air danau amat biru dan jernih, saking jernihnya, karang-karang dan ranting kecil di dasarnya terlihat dari permukaan. Di danau itu, kamu bisa enang dan nyelam, main didalam air jernih sampai puas. Ikan-ikan hidup juga berenang di danau pun amat jelas terlihat. Tetapi, ada ikan-ikan yang cuma menghuni permukaan air, juga ikan-ikan yang cuma diam di dasar saja. Rasa air yang berbeda tersebut yang membuat mereka terpisah tidak menjadi satu. Sebab air yang diatas terasa tawar, lalu dibawah asin. Pemandangan dasar dalam Danau Labuan Cermin yang airnya asin mirip lautan dengan karang-karang menghampar dibawahnya.

Keelokan danau Labuan Cermin, dipadu dengan hutan disekitarnya yang lebat. Aktivitas yang bisa mengganggu ekosistem di kawasan danau itu memang tak diperbolehkan. Sehabis puas menyaksikan pesona cerminan surga dari Danau Labuan Cermin, jangan ketinggalan menjelajahi keindahan alam Kec. Biduk yang lain. Maka dari itu, disarankan utk menginap beberapa hari disana. Akomodasi yang dianjurkan ialah penginapan “Selvia” berlokasi di Jl. Majabah Rt 4 Biduk-biduk, Kab. Berau, Kalimantan Timur. Homestay tersebut sangat bersih juga memadai sarananya, dan berdiri di tengah-tengah keindahan pantai pasir putih halus, dengan panorama barisan pohon kelapa di pinggiran garis pantai perawan. Biaya per kamar AC tergolong sarapan terbilang cukup ekonomis, cuma 175.000 per malam tuk pemandangan seindah itu.

Untuk melihat sunset dan sunrise di tepian pantai, kamu cuma tinggal melangkah keluar dari homestay. Mantap! Ingin pasang hammock diantara pohon kelapa? Bisa saja. Mau minum buah kelapa muda yang diambil langsung dari pohon? Bisa! Oh iya, selama liburan di Biduk, jangan ketinggalan kunjungi Teluk Sulaiman, dengan lanskap yang terhimpun perbukitan hijau, sungai jernih berarus deras, air terjun, sampai pulau dengan panorama terumbu karang cantik menggetarkan hati.

Tags: #Danau Labuan Cermin

Leave a reply "Menyingkap “Cerminan Surga” Dengan Melihatnya di Danau Labuan Cermin"

Author: 
    No related post!