Nuansa Alami Danau Tondano

1050 views

Danau Tondano dihiasi oleh gunung-gunung yang tingginya 700 m, yakni Gunung Lembena,  Tampusu, Kaweng, dan Masarang. Danau ini meliputi 3 kecamatan diantaranya Eris, Kakas dan Remboken. Dari sebelah danau, Kalian bisa melihat dengan nyata Gunung Kaweng, hingga pemandangan Danau dan sekitarnya begitu indah. Potensi Danau Tondano sangat tinggi, disamping dihiasi oleh pegunungan yang indah seperti Danau Toba, danau ini memiliki keunggulan, yaitu bisa dijangkau dengan gampang dari Kota Manado menjadi Ibukota Provinsi Sulawesi Utara. Jarak tempuhnya kurang dari 1 jam dari Bandara Internasional Sam Ratulangi atau dari Indonesia Main Port (IMP) yaitu Pelabuhan Samudera Bitung, menjadikan koneksi ke Danau Tondano sudah mulus.

Danau Tondano

Berada pada ketinggian 684 mdpl menjadikan wilayah danau itu berhawa sejuk. Dengan cara admistratif Danau Tondano ada di kabupaten Minahasa, provinsi Sulawesi Utara. Danau Tondano merupakan danau  yang paling luas di provinsi Sulawesi utara. Luasnya menduduki hingga 4.278 ha dengan ukuran PxL kira-kira 5 km x 11 km. Danau itu dilingkari dengan akses provinsi dan menyatukan kota Tondano dengan beberapa Kecamatan yaitu Tondano Timur, Eris, Kecamatan Kakas, Remboken, dan Tondano Selatan.

Bila di Danau Toba terdapat pulau sangat terkenal yakni Pulau Samosir, di Danau Tondano juga mempunyai Pulau Likri dengan segenap keindahannya, hingga kerap sebagai pusat doa warga setempat. Bahkan ada mitos yang mengatakan, dibawah pulau tersebut ada aliran sungai alam terkoneksi dengan Danau Tondangouw di Kecamatan Tombatu, Kabupaten Minahasa Tenggara, melintasi bahagian bawah Gunung Soputan, gunung api masih aktif di Indonesia.

Mengingat itu, wajar bila Danau Tondano cukup berpotensi tuk diproyeksikan jadi daerah tujuan wisata yang sanggup menyaingi Danau Toba. Tidak hanya wisata alam, namun juga kuliner dan pariwisata backpacker juga tourism relious. Danau itu pun ketika itu jadi sumber listrik tuk PLTA Tonsea Lama juga Tanggari I dan II, hal ini memiliki nilai plus tuk diproyeksikan jadi lokasi pariwisata sangat potensial.

Sejumlah obyek wisata di sekitar danau tondano ialah Sumaru Endo Remboken, serta Resort Wisata Bukit Pinus. Gua tikus tasuka, Dari pinggiran danau Tondano. Kalian bisa juga naik ke gunung Makawembein . Dari sana kalian bisa merasakan keindahan panorama di danau Tondano, kota Bitung dan pantainya dan kota Manado dengan pantainya.

Tags: #paket murah kepulauan seribu 2014 #paket wisata pulau tidung termurah 2013 #paket wisata pulau tidung termurah 2014 #pulau seribu buat diving #sejarah pulau seribu masjid #wisata pulau tidung murah 2014 #wisata pulau tidung murah untuk 2 orang

Leave a reply "Nuansa Alami Danau Tondano"

Author: