Nuansa Kesejukan Air Terjun Saluopa

981 views

Terletak di distrik Tonusu atau 12 km dari arah bagian barat Tentena, Ibukota Kecamatan Pamona Utara atau 55 km ke arah tenggara dari kabupaten Poso, Provinsi Sulawesi Tengah. Sebab keelokannya telah cukup terkenal oleh turis atau wisatawan dalam negeri. Dari Palu ke kota Tentena bisa ditempuh dengan mempergunakan kendaraan roda empat ataupun roda dua dalam jangka waktu kira-kira 7 jam sampai 8 jam. Andaikata sudah ada di Tentena dan mau main-main ke Air Terjun Saluopa, Kalian bisa mempergunakan kendaraan bermotor. Lalu, lanjut dengan menjejakkan kaki sejauh kurang lebih 500 m.

Air Terjun Saluopa

Menurut sebagian pengunjung, air terjun Saluopa adalah air terjun terbaik di Indonesia. Tetapi kabar buruknya, air yang dulu terjun secara kencang menutupi bebatuan di seluruh tingkatan, kali ini debit airnya sudah berkurang.

Air terjun Saluopa berasal dari mata air yang bersumber mengalir dari puncak gunung dengan tinggi 25 m. Air terjun itu melintasi batuan gunung dengan total 12 tingkatan yang mengalir deras sampai ke tingkat sangat bawah yang selesai di sungai kecil Desa Leboni. Karakteristik air terjun itu adalah tersedianya undakan batu-batu yang membangun tiap tingkatan berupa suatu kolam kecil. Tingkatan air terjun itu bisa dijelajahi ataupun didaki sampai ke tingkat paling atas  sebab tak ada lumut meskipun dibawah derasnya air.  Pula di bawah air terjun banyak kolam dengan air yang paling jernih.

Berdasarkan catatan petugas, jumlah wisatawan ke air terjun saluopa ketika hari libur tiba bisa mencapai 300 pengunjung. Tetapi pengunjung paling banyak ketika perayaan Tahun Baru tiba yang melebihi angka 400. Meningkatnya pengunjung cukup menambah pemasukan bagi Pemkab Poso yang mematok harga tiket masuk Rp.3.000/orang.

Disamping itu, di obyek wisata air terjun saluopa yang berada di perbukitan Kalian pun bisa menikmati panorama alam terdiri dari hutan tropis yang terbilang alami sekaligus menghirup udara fresh. Meskipun Kalian bakal berhadapan dengan pendakian hutan tetapi jalur trekking yang ada disana sering disiapkan dengan sempurna. Tetapi 1 – 2 bagian masih terdiri dari tanah yang berbatu.

Trekking itu bakal menyedot energi Kalian tuk dapat mencapai titik paling atas dari air terjun saluopa. Tetapi, seluruhnya pasti terbayarkan saat sudah mendengar kicauan burung yang berjejer di atas pepohonan juga curahan air terjun Saluopa yang bening. Kadang diantara percikan air terjun kadang-kadang ada warna pelangi yang amat indah dan menarik.

Keindahan pun bisa dirasakan kala menjelang masuk zona air terjun saluopa. Kira-kira 500 m dari area parkir. Menjelajahi kebun coklat dengan jalanan yang berlika-liku. Tampak juga kehijauan alam disekelilingnya. Warna tersebut memberikan aura tertentu. Demikian kayanya Indonesia dalam lebat dan rindangnya hutan.

Tags: #kepulauan seribu trip #kepulauan seribu wikipedia english #kepulauan seribu wikipedia inggris #paket pulau seribu diving #paket wisata murah ke pulau tidung 2015 #pulau apa yang paling bagus di pulau seribu #pulau macan kepulauan seribu murah #pulau seribu yang paling bagus untuk snorkeling

Leave a reply "Nuansa Kesejukan Air Terjun Saluopa"

Author: