Oleh-oleh Ciri Khas Kepulauan Seribu

1217 views

Tidak heran jika anda mendengar ‘jangan lupa ya bawa oleh-oleh yang banyak’. Terkadang sih jengkel namun memang sudah sebaiknya kita memberikan ke kerabat atau keluarga sebagai ‘hidangan’ kenangan untuk mereka. Untuk para traveller mungkin tak masalah bila membawa budget yang banyak tapi apa daya dengan backpacker ? Kemana-mana selalu membawa uang begitu minin dan pas-pasan dengan kantong.

Yap, jangan khawatir, oleh-oleh dalam Kepulauan Seribu sangat beraneka macam. Mulai dari bentuknya yang unik dan kemasan menarik, isi dari oleh-oleh khas sana, hingga harganya. Iya,harganya. Sangat murah bila anda membeli oleh-oleh khas dari tempat lain, memang bisa jadi dibilang mahal ya.

Artikel satu ini bakal mengupas seputar oleh-oleh khas Kepulauan Seribu, yang mana terdapat banyak pulau juga oleh-olehnya. Simak baik-baik:

Keripik Sukun

Namanya terdengar seperti tajwid dalam kitab suci Islam, tapi memang itulah namanya. Bentuk dari buah sukun sendiri mulanya bulat sedikit lonjong dan berwarna hijau. Setelah diproses, buah sukun di tekan hingga datar sehingga proses pembuatan menjadi keripik sukun sangat mudah. Keripik sukun sangat diminati oleh banyak pengunjung karena proses pembuatannya secara homemade. keaslian dari rasa bisa diperoleh dari proses homemade terebut.

Harga dari Keripik sukun berkisar antara Rp.5000 hingga Rp.10000 atau sesuai berat (gr) dari isi keripik sukun tersebut. Rasanya pun beragam ada yang manis, agak asin, dan original buah sukun.

Makaroni Mamade

Tidak asingkan dengan oleh-oleh khas Kepulauan Seribu satu ini ? Makaroni Mamade adalah olahan makaroni hasil buatan orang Indonesia walaupun nama ‘Makaroni’ berasal dari Italia. Makaroni ini terbuat dari Makaroni jenis Mamade yang menjadikan khas oleh-oleh satu ini. Secara kemasan bisa dilihat, sangat menarik hati pengunjung yang pertama kali melihatnya. Khas oleh-oleh ini terdapat dari sana. Oleh karena itu pengunjung bisa memborong banyak-banyak oleh-oleh khas Kepulauan Seribu ini.

Soal rasa jangan ditanya banyak sekali varian rasa yang ditawarkan seperti rasa original (manis), keju balado, balado pedas, bebek asap atau panggang, kari ayam seperti ramen, dan jagung bakar yang sangat manis dan juga pedas.

Harganya mungkin cukup menakjubkan kalau mau beli berkemasan besar. Sekitar Rp.20000 per bungkus, tetapi harga dan rasa dari oleh-oleh ini sebanding tak ada yang dirugikan.

Kerupuk Ikan ala Kepulauan Seribu

Kerupuk satu ini berbeda dengan kerupuk ikan oleh-oleh tempat wisata lain. Kerupuk ikan di Kepulauan Seribu membuahkan hasil begitu nikmat saat dimakan dan juga dibuat secara homemade. Menjadikan oleh-oleh Kepulauan Seribu ini menjadi khas di tempat wisata sana. Mungkin memang rasanya agak asin karena langsung diambil dari laut di Kepulauan Seribu. Hal tersebut yang menjadikan oleh-oleh kerupuk khas ala Kepulauan Seribu banyak digemari oleh para wisatawan lokan maupun asing.

Cara pembuatannya pun bisa anda lihat, anda pun boleh ikut dalam menjalani proses pembuatan dari kerupuk ikan tersebut. Cukup mudah seperti membuat kerupuk lainnya tapi mungkin ada beberapa tekhnik yang tidak kalian ketahui atau para pembuat kerupuk ikan lainnya tahu yang menjadikan rasa khas kerupuk ikan Kepulauan Seribu menjadi oleh-oleh favorit pengunjung.

Harga yang ada pun tergolong cukup murah, bisa anda lihat sendiri dari isi, kualitas dan kemasannya. Kira-kira Rp.7000 per bungkus kecil dan Rp.12000 per bungkus besar. Sesuai kenaikan harga ikan atau bbm yang sedang naik di Indonesia.

Tags: #paket wisata diving pulau seribu #pulau paling bagus di pulau seribu #pulau pari kepulauan seribu wikipedia #pulau seribu masjid #pulau seribu murah meriah #pulau seribu one day trip #pulau seribu yang bagus apa #pulau seribu yang masih bagus #pulau yang paling bagus di pulau seribu #wisata pulau seribu one day trip

Leave a reply "Oleh-oleh Ciri Khas Kepulauan Seribu"

Author: