Wisata Indonesia – Candi Borobudur – Aneka Tempat Wisata

925 views

Obyek wisata di Jawa Tengah itu mempunyai luas 123 x 123 m2dan terhimpun dari SEPULUH tingkat. Bangunannya tertata dari balok-balok vulkanik yang membangun 72 stupa, 504 arca, dan suatu stupa induk besar di atasnya. Uniknya, balok-balok itu terhimpun tanpa memakai perekat maupun semen, kompleks tersebut terlihat sebagaimana sebuah gradasi lego raksasa.

Dinding Candi Borobudur dipenuhi 1.466 panel relief dengan panjangnya itu sendiri 2 m. Panel-panel relief tersebut mengkisahkan mengenai tingkatan hidup Buddha. Relief di bagian bawah candi dijuluki dengan ‘Kamadathu’ yang mengkisahkan tentang perilaku buruk manusia dan membawanya ke neraka. Relief bagian tengah dijuluki ‘Rapadathu’, berkisah tentang manusia yang telah bebas dari hawa nafsu dunia, sementara relief paling atas adalah ‘Arupadhatu’. Relief itu mencerminkan tingkatan pencapaian premier dimana para dewa bersemayam.

Candi Borobudur

Disamping tiga relief tersebut, sebetulnya masih ada panel relief yang ada di bagian paling bawah candi yang terkubur. Menurut kaum ahli sejarah, relief yang terkubur itu diberi nama ‘Karmawibhangga’. Itulah relief yang mengkisahkan seputar tingkatan terbawah manusia. Relief itu mencerminkan perilaku jelek manusia yang sejalan dengan hawa nafsunya. Bahkan dikatakan terdapat gambar jalinan hubungan dari suami istri. Penguburan panel relief tersebut punya dua alasan yakni karena relief dianggap tak sopan dan sebab upaya pengokohan supaya candi permanen berdiri tegak.

Candi Borobudur dijuluki sebagai satu dari sekian banyak mahakarya terbesar manusia sepanjang histori. Susunan balok-balok vulkanik dan pahatan reliefnya adalah suatu karya seni yang tidak tertandingi nilainya. Obyek wisata itu pun jadi bukti kemajuan peradaban manusia era dahulu dalam dunia arsitektur, teknologi dan sastra.

Di kompleks itu ada dua museum yakni Museum Karmawibhangga dan Museum Samudera Raksa. Museum Samudera Raksa sarat beraneka informasi dan koleksi tentang sejarah perdagangan Asia Afrika terhadap zaman dulu, sementara Museum Karmawibhangga terdiri dari informasi seputar konstruksi Candi Borobudur.

Tidak hanya bangunan candi yang ramai perhatian, tapi juga panorama alam di sekelilingnya. Di belahan selatan candi ada Bukit Manoreh yang bila dilihat rupanya mirip seorang dalam posisi tidur. Disamping Bukit Manoreh, masih ada Gunung Sumbing, Gunung Merapi, dan beberapa gunung lainnya yang mengelilingi bangunan megah tersebut.

Sejarah Candi Borobudur

Candi Borobudur kira-kira mulai didirikan di masa Dinasti Syailendra kurang lebih abad ke 9 dibawah pemerintah dari Raja Samaratungga. Arsitek konstruksi kompleks candi diberi nama Gunadharma yang sukses merancang monumen luar biasa itu walaupun tidak mengenal system komputer dan teknologi canggih yang lain. Pembangunan kompleks candi termegah ini bisa dihabiskan kira-kira 55 tahun berselang. Nama Borobudur bersumber dari bahasa Sansekerta yaitu ‘Vihara Buddha Uhr’ yang mempunyai arti Biara Buddha di Bukit.

Pada era itu, Candi Borobudur jadi sentral kegiatan keagamaan paling besar. Sampai ketika masuknya efek Islam di abad ke 15. Candi itu mulai dilupakan oleh masyarakat yang pindah ke agama Islam. Borobudur makin terlupakan ketika berlangsung letusan Gunung Merapi yang menjadikannya terkubur oleh abu vulkanik.

Di tahun 1814, Sir Raffles mengungkapkan keberadaan Candi Borobudur sehabis memperoleh informasi mengenai terdapatnya 1 bangunan besar yang tertimbun abu vulkanik. Tidak hanya tertimbun abu vulkanik, kondisi candi ketika dijumpai pun didominasi oleh semak belukar.

Semenjak ditemukannya lagi, konstruksi dan beraneka usaha pembanunan kembali candi dikerjakan mulai dari era kolonial Inggris, Belanda hingga saat Indonesia sudah merdeka. Dengan melibatkan UNESCO dan para ahli sejarah kebudayaan dari sejumlah negara di belahan dunia, Indonesia makin berupaya memperbaiki keadaan Candi Borobudur. Ketika lebih dari sepuluh abad terabaikan dan tidak terpelihara, kompleks candi itu setia berdiri kokoh hingga saat ini.

What To Do In Candi Borobudur?

Ada tidak sedikit hal yang boleh Anda nikmati sewaktu berada di kompleks candi Buddha sangat besar di dunia, antara lain:

Mempelajari seni sastra dan budaya

Jika Anda suka dengan sastra dan budaya, ada di Candi Borobudur pastinya bakal jadi pengalaman yang istimewa sekali. Anda boleh membaca dan mengamati panel relief tergambar dan terpahat di dinding candi.

Untuk bisa membaca cerita relief tersebut dengan beruru, Anda musti berjalan mengelilingi candi searah putaran jarum jam. Mulailah dari gerbang timur di dan berjalan memutar hingga balik lagi ke gerbang awal lalu naik tangga ke tingkatan selanjutnya. Lakukan hal itu terus-menerus hingga ke tingkatan teratas tuk mendapat cerita yang utuh. Anda mendapati kesulitan membaca cerita di dinding relief? Tidak perlu bingung sebab ada tour guide yang ready melayani Anda.

Hunting foto

Obyek wisata itu menonjolkan sangat banyak kawasan foto yang menarik tuk Anda, pecinta fotografi. Cobalah mengeksplor kompleks candi itu dan dapatkan angle yang cocok untuk memotret. Candi Borobudur pun dikenal mempunyai panorama sunrise dan sunset yang cantik. Datanglah saat momen yang ideal, perhatikan kamera Anda dan mengabadikan panorama cantiknya.

Berburu souvenir

Rasanya tidak lengkap bila berkunjung ke suatu obyek wisata tiada buah tangan atau beli souvenir khas sana. Tidak jauh dari kompleks wisata Candi Borobudur, ada sederetan kios souvenir. Anda dapat beli berbagai barang dari topi, t-shirt, tas, hingga miniatur candi. Harga yang dipasang bervariasi, pakai kemampuan Anda kedalam tawar menawar sebaik mungkin.

Berkeliling kompleks candi

Di kompleks Candi Borobudur ada teras hijau luas yang boleh Anda jelajahi. Tidak cuma dengan jalan kaki, Anda dapat sewa sepeda tuk mengeksplor tempat wisata itu. Anda mengajak anak-anak? Coba tuk naik kereta kelinci yang tentunya digemari oleh anak-anak lucu. Jika mau coba pengalaman yang berbeda-beda, mengapa tak menjajal naik andong tuk mengeksplor jalanan sana?

Apa lagi yang menarik dari Candi Borobudur?

Candi Borobudur jadi, satu dari sekian banyak area peribadatan berpengaruh bagi para pemeluk agama Buddha di dunia. Tiap tahunnya, kompleks candi itu jadi pusat perayaan hari raya Waisak dan dikunjungi oleh umat Buddha dari beraneka negara misalnya Thailand,Cina Kamboja, dan Tibet. Hari raya Waisak dirayakan saat bulan purnama bulan Mei alias Purnama Siddhi.

Puncak dari perayaan Waisak itu merekrut banyak wisatawan baik dalam negeri atau luar negeri. Pada saat itu dilaksanakan pelepasan ratusan lampion ke langit serta harapan terbaik tuk 1 tahun ke depan.

Jadwal operasional dan tarif karcis masuk Candi Borobudur

Everyday: 06:00WIB until 17:00WIB.

Adult: Rp.30.000 to domestic people & US$15 to tourist.

Children: Rp.12.500 to domestic people & US$8 to tourist.

Alamat dan transportasi

Candi Borobudur terletak di Jl. Badrawati, Jawa Tengah. Cara cukup mudah jelas saja dengan naik kendaraan pribadi atau menggunakan jasa biro travel. Bila Anda menyukai transportasi umum, Ada banyak sekali bus rute Candi Borobudur yang dapat Anda jumpai di Terminal Giwangan.

Tags: #harga paket diving pulau seribu #paket wisata pulau tidung murah 2013 #paket wisata pulau tidung murah 2014 #paket wisata pulau tidung murah 2015 #penginapan murah di pulau tidung 2014 #wisata pulau tidung paling murah

Leave a reply "Wisata Indonesia – Candi Borobudur – Aneka Tempat Wisata"

Author: