Wisata Jakarta – Taman Mini Indonesia Indah (TMII)

1260 views

TMII adalah pusat taman rekreasi yang terdiri dari gambaran budaya yang ada di nusantara. Di sana, Anda dapat memandang sebuah danau dengan miniatur Pulau-pulau Indonesia di Nusantara dari Sabang sampai Merauke. Tidak hanya itu, masih ada banyak sekali budaya khas setiap provinsi di Indonesia yang dipajang di sana dari pakaian adat, tarian daerah, rumah ibadah setiap agama di Indonesia, dan beberapa lagi diantaranya.

TMII

Planing pembangunan diawali dari musyawarah di rumah Soeharto, mantan presiden ke-2 Indonesia, di Jl. Cendana No. 8, Jakarta, saat 13 Maret tahun 1970. Dalam musyawarah tersebut, Siti Hartinah atau yang kian dikenal dengan sebutan Ibu Tien yang adalah istri dari Bapak Soeharto mengusulkan bakal dibangun suatu lokasi yang menyediakan wisata budaya tuk membangkitkan rasa kebanggaan rakyat Indonesia kepada budaya nusantara.

Lalu dimulailah proyek miniatur Indonesia yaitu ‘Indonesia Indah’ yang ada dibawah kelola Yayasan Harapan Indah. Pembangunan diawali di tahun 1972 dan tanggal 20 April 1975, TMII sah dibuka untuk umum. Pada tahun 1991, diluncurkan maskot tuk obyek wisata tersebut berbentuk tokoh wayang Hanoman yang dijuluki NITRA atau nama aslinya Anjani Putra.

Apa saja yang ada di Taman Mini Indonesia Indah?

Di sana, Anda mampu untuk berpuas diri dengan melihat budaya tiap provinsi dalam satu tempat:

Anjungan Daerah

Di Anjungan Daerah, Anda dapat menyaksikan kebudayaan dari 34 provinsi yang terdapat di Indonesia. Seluruh provinsi mengantongi anjungan yang menampakkan bangunan adat, busana pernikahan, pakaian tradisional, senjata khas hingga alat-alat rumah tangga yang dipergunakan sehari-hari.

Di semua anjungan ada panggung tuk menyajikan pertunjukan tarian tradisional, upacara adat dan juga show musik khas daerah itu sendiri. Show budaya itu normal dilakukan di hari Minggu, ketika jumlah pengunjung mendapati kenaikan daripada hari-hari weekdays.

Di beberapa anjungan pula disediakan kafetaria yang menyuguhkan makanan khas tiap-tiap daerah. Ada juga toko souvenir yang menjajakan beraneka macam souvenir terdiri dari kerajinan tangan setiap daerah, pakaian adatnya.

Pada tahun 1975 hingga tahun 2000, Anjungan Daerah terdiri dari miniatur budaya dari 27 Provinsi di Indonesia. Sesampainya tahun 2002, ketika Timor Timur lepas dari Indonesia, anjungannya berganti nama jadi Museum Timor Timur. Disamping itu, sejalan bertambahnya banyak provinsi di Indonesia jadi 34 provinsi, dibangun juga anjungan baru bagi Banten, Babel, Papua Barat, Sulbar, Maluku Utara, Gorontalo dan Kep. Riau. Walaupun anjungan-anjungan itu sendiri ukurannya lebih kecil daripada anjungan lain yang sudah dibangun sebelumnya.

Bangunan Keagamaan

Ada bangunan tempat ibadah tiap agama di Indonesia yang tengah aktif digunakan di TMII:

Ada diawali dari Masjid Pangeran Diponegoro. Untuk katolik ada Gereja Katolik Santa Catharina. Protestan ada Gereja Protestan Haleluya. Agama Hindu terdapat Pura Panataran Agung Kertabumi. Untuk Buddha Vihara Arya. Dwipa Arama. Agama anyar saat tahun 2010 Kuil Konghucu Kong Miao. Sasana Adirasa Pangeran Samber Nyawa.

Istana Anak-anak Indonesia

Wahana semacam itu adalah wahana kesukaan anak-anak yang berkunjung ke TMII. Di sini, anak-anak boleh membaca dongeng-dongeng dunia dan kisah dari Indonesia.

Kereta gantung

Kereta gantung dapat dimanfaatkan sebagai transportasi di TMII . Dengan naik kereta gantung itu Anda pun dapat melihat lokasi TMII dari atas dengan bebas. Tarif yang dipungut adalah Rp.30.000 per orang tuk weekdays dan Rp.40.000 tuk weekend.

Snow Bay TMII

Snow Bay adalah kolam renang dan sarana permainan air di TMII.

Pusat Peragaan IPTEK

Di sini, Anda dapat melihat bermacam-macam karya IPTEK dan juga mengerjakan percobaan ringan. Tarif karcis masuk ialah RP.17.000 per orang.

Taman

Ada tidak sedikit taman di TMII yang sarat dari koleksi flora dan fauna Indonesia yang sangat bervariasi:

Taman Anggrek. Taman Kaktus. Taman Burung. Taman Apotek Hidup. Akuarium Ikan Air Tawar.

Museum Indonesia

Bangunan museum ini berbentuk gedung 3 lantai dengan ukiran cerita Ramayana di temboknya. Di museum ini, Anda dapat menyaksikan beraneka ragam gambaran budaya Indonesia dari angkutan setiap daerah dari waktu ke waktu dan adat istiadat daerah.

Museum Perangko

Di sini, Anda mampu mencermati kemajuan perangko di Indonesia dan juga alat cetaknya dari waktu ke waktu.

Museum Pusaka

Museum tersebut terdiri dari koleksi pusaka dari sejumlah daerah di Indonesia. Disamping itu, Anda pun bisa menyaksikan kegiatan perawatan benda pusaka.

Museum Transportasi

Ada berbagai macam koleksi transportasi dunia.

Museum Listrik dan Energi Baru

Di museum ini, Anda boleh melihat seperti apa vitalnya berhemat energi listrik dan memakainya hanya untuk keperluan saja tuk mencegah global warming.

Museum Telekomunikasi

Ciri khas bangunan museum ini ialah kubah memiliki warna biru dan terdapatnya patung Gajah Mada ketika tengah mengucapkan Sumpah Palapa. Patung Gajah Mada dipakai sebab nama satelit telekomunikasi yang dibangun Indonesia ialah Palapa, sama dengan sumpah yang menyempatkan untuk diucapkan oleh Gajah Mada.

Museum Asmat

Seperti sebutannya, museum ini menyajikan koleksi hasil kerajinan dari suku yang mendiami Papua.

Museum Komodo

Bangunan museum ini mirip dengan binatang komodo. Di dalamnya, Anda dapat memandang banyak peragaan fauna di Indonesia dan bermacam-macam informasi tentangnya.

Museum Serangga

Anda dapat melihat kira-kira 250.000 jenis serangga. Yang unik ialah koleksi kupu-kupu yang beraneka warna.

Teater IMAX Keong Mas

Teater ini mempunyai layar dengan ukuran lebih besar dari layar-layar teater pada umumnya. Di sana, film-film seputar lingkungan dan kebudayaan Indonesia diputar, disamping itu ada pun pemutaran film-film box office ternama.

Teater Tanah Airku

Teater Tanah Airku ialah teater pertama Indonesia yang lengkap dengan panggung tuk menggelar pertunjukan kesenian. Teater itu didukung pula dengan teknologi modern di pencahayaan, sound system dan peralatan panggung yang lain.

Teater 4D

Teater 4D akan menjadikan pengalaman nonton jadi tak terlupakan sebab efek 4 dimensi yang ditimbulkannya sewaktu film diputar.

Apa hal menarik lainnya di Taman Mini Indonesia Indah?

Masih mau mendapatkan hal menarik di TMII? Berikut sejumlah hal menarik yang lain:

Pusat Informasi Budaya dan Wisata

PIBW merupakan satu tempat sistematis untuk memperoleh informasi seputar budaya dan wisata Indonesia di TMII. Di dalamnya ada teater mini, perpustakaan mengandung lebih dari 30.000 koleksi buku dan 7.000 judul e-book.

Di sini pun disediakan paket wisata keliling TMII. Hal ini pastinya mampu menghemat waktu dan uang Anda. Terdapat sejumlah pilihan paket wisata yang dapat disesuaikan dengan keperluan Anda. Disamping itu, tersedia diskon tuk rombongan.

Wisata kuliner

Usai berkeliling, pastinya Anda musti istirahat dan mengganjal perut. Di TMII, ada sebagian tempat yang bisa Anda pilih untuk memanjakan perut Anda semua:

Puri Caping Gunung Rest and Convention

Dari kejauhan, area makan ini cepat dikenali sebab bentuknya yang mirip caping atau topi petani. Puri Caping ada di depan Anjungan Nusa Tenggara. Restoran yang menyajikan bermacam-macam menu mulai dari kuliner khas Indonesia hingga menu yang ada di luar negeri.

Pasar Tiban

Pasar Tiban artinya pasar murah. Di pasar ini ada tidak sedikit kios pedagang makanan dengan harganya cukup terjangkau. Ada bermacam-macam kuliner khas nusantara yang disajikan semacam gudeg,tahu campur, siomay dan yang lainnya.

Jika mau bermalam, terdapat sejumlah penginapan yang boleh Anda tentukan:

Desa Wisata

Desa Wisata adalah penginapan yang terletak di kawasan TMII. Penginapan ini menjanjikan suasana khas pedesaan yang sejuk dan natural. Tidak cuma kamar, tersedia fasilitas pelengkap semacam jogging track, open show, restoran dan juga ada lapangan bola voli.

Graha Wisata Remaja

Graha Wisata Remaja pun ada di kawasan TMII. Penginapan ini terhimpun dari 3 lantai dengan adanya 41 kamar tersedia. Harga yang disediakan relatif terjangkau dengan sarana pelengkap seperti ruang olahraga tenis meja. Letaknya strategis mengingat berada tidak jauh dari stasiun kereta gantung, water park dan sejumlah museum di TMII.

Perlu diingat bahwa artikel ini tak terlalu lengkap. Masih banyak beberapa fasilitas seru lainnya yang ada di dalam TMII, dengan begitu jangan jadikan patokan ya. Kalau mau dijadikan sebagai rekomendasi liburan tak apa, admin sangat setuju itu hehe.

Tiket masuk dan parkir kendaraan

-Pengunjung dewasa dan anak-anak: Rp.10.000 per orang

-Sepeda: Rp.1.000

-Sepeda motor: Rp.6.000

-Mobil: Rp.10.000

-Bus dan Truk: Rp.30.000

Anda perlu bayar lagi tuk masuk kedalam setiap wahana yang ada di dalam kawasan TMII.

Jam buka Taman Mini Indonesia Indah

-Everyday: 07:00 hingga jam 21:00

Tags: #diving pulau seribu jakarta #wisata kepulauan seribu murah 2014

Leave a reply "Wisata Jakarta – Taman Mini Indonesia Indah (TMII)"

Author: